Total Tayangan Halaman

Pengikut

Navigation

Rukun Islam

MENGENAL RUKUN ISLAM

Islam artinya selamat, ini berarti orang yang beragama Islam akan selamat hidupnya di dunia maupun di akhirat kelak. Orang Islam akan selamat jika mau melaksanakan ketentuan atau pokok-pokok ajaran dalam Islam. Ketentuan atau pokok-pokok dalam ajaran Islam dinamakan dengan Rukun Islam. Ada berapakah Rukun Islam ? dan apa sajakah Rukun Islam itu ?

RUKUN ISLAM ADA LIMA :

1. Syahadat
Syahadat artinya persaksian, syahadat ada dua dan disebut syahadatain yang artinya dua persaksian.
Syahadat tauhid berbunyi "Asyhadu allah illaha illallah" yang artinya "Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah"  Syahadat rasul berbunyi "Asyhadu anna muhammadar rasulullah" yang artinya "Saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah Utusan Allah".

2. Solat
Solat adalah bentuk ibadah yang merupakan bentuk hubungan langsung seorang muslim dengan Allah swt. Solat menurut bahasa artinya adalah doa sedangkan menurut istilah adalah suatu yang dimulai dari takbiratul ihram dan diakhiri dengan bacaan salam. Amal ibadah yang pertama kali dihisab diakhirat kelak adalah solat karena solat merupakan tiang agama dan ibadah wajib bagi orang yang beragama Islam dan yang wajib dikerjakan sehari semalam ada lima yaitu Subuh ( 2 rakaat) Dzuhur (4 rakaat) Ashar (4 rakaat) Magrib (3 rakaat) Isya' (4 rakaat).

3. Puasa

Puasa menurut bahasa adalah menahan diri, sedangkan menurut istilah adalah menahan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Puasa ada dua macam yaitu puasa wajib seperti Puasa Ramadhan dan puasa sunnah seperti Puasa Senen Kamis.

4. Zakat
Zakat adalah menyisihkan sebagian harta untuk dibagikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya. Zakat hukumnya wajib bagi yang mampu. Zakat fitrah untuk membersihkan jiwa, zakat mal untuk membersihkan harta.

5. Haji
Haji berasal dari kata al-hajju yang berarti kehendak atau sengaja. Haji menurut istilah adalah berkehendak ke baitul haram untuk beribadah. Ibadah haji dilakukan di Tanah Suci Mekkah dan dilakukan pada bulan Zulhijjah. Obadah haji wabib bagi yang mampu menjalankannya.
Share
Banner

Post A Comment:

0 comments: