MAKALAH STANDAR KOMPETENSI DAN
KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata
Kuliah
Pendidikan PKn SD
Dosen Pengampu : Mufarizuddin, M.Pd
DISUSUN OLEH :
WAHYUNI
NURLINA SARI
|
1786206131
|
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIVERSITAS PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI
2018
KATA PENGANTAR
Dengan
mengucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan
karunianya kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini.
Penulis makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas dari dosen mata
kuliah Pendidikan PKn SD.
Makalah
ini ditulis berdasarkan berbagai sumber yang berkaitan dengan materi serta
informasi dari berbagai media yang berhubungan dengan materi. Tak lupa penulis
sampaikan terima kasih kepada pengajar mata kuliah Pendidikan PKn SD atas
bimbingan dan arahan dalam penulisan makalah ini.
Penulis
berharap makalah ini dapat menambah wawasan pembaca. Dan penulis berharap bagi
pembaca untuk dapat memberikan pandangan dan wawasan agar makalah ini menjadi
lebih sempurna.
Bangkinang, Maret 2018
Kelompok 2
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR..................................................................................... i
DAFTAR ISI..................................................................................................... ii
BAB
I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang.................................................................................. 1
B.
Rumusan Masalah............................................................................. 2
C. Tujuan............................................................................................... 2
BAB
II PEMBAHASAN
A. Tujuan
Mata Pelajaran PKn.................................................................... 3
B. Ruang
Lingkup Mata Pelajaran PKn...................................................... 3
C. Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran PKn......... 4
BAB
III PENUTUP
A. Kesimpulan............................................................................................. 11
B. Saran....................................................................................................... 11
DAFTAR
PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Pendidikan di Indonesia
diharapkan dapat mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang memiliki
komitmen kuat dan konsisten untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik
Indonesia. Hakikat negara kesatuan
Republik Indonesia adalah negara kebangsaan modern. Negara kebangsaan modern
adalah negara yang pembentukannya didasarkan pada semangat kebangsaan atau
nasionalisme yaitu pada tekad suatu masyarakat untuk membangun masa depan
bersama di bawah satu negara yang sama walaupun warga masyarakat tersebut
berbeda-beda agama, ras, etnik, atau golongannya.
Komitmen yang kuat dan konsisten
terhadap prinsip dan semangat kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang
Dasar 1945, perlu ditingkatkan secara terus menerus untuk
memberikan pemahaman yang mendalam tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Secara historis, negara Indonesia telah diciptakan sebagai Negara Kesatuan dengan
bentuk Republik.
Negara Kesatuan Republik
Indonesia adalah negara yang
berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa,
Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia dan kerakyatan yang
dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta
dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Dalam perkembangannya sejak
Proklamasi 17 Agustus 1945 sampai dengan penghujung abad ke-20, rakyat
Indonesia telah mengalami berbagai peristiwa yang mengancam keutuhan
negara. Untuk itu diperlukan pemahaman yang mendalam dan komitmen yang kuat
serta konsisten terhadap prinsip dan semangat kebangsaan dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang berdasarkan pada Pancasila
dan Undang-Undang Dasar 1945. Konstitusi Negara Republik
Indonesia perlu ditanamkan kepada seluruh komponen bangsa Indonesia, khususnya
generasi muda sebagai generasi penerus.
Indonesia harus menghindari
sistem pemerintahan otoriter yang memasung hak-hak warga negara untuk
menjalankan prinsip-prinsip demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa,
dan bernegara. Kehidupan yang demokratis di dalam kehidupan sehari-hari di
lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, pemerintahan, dan
organisasi-organisasi non-pemerintahan perlu dikenal, dipahami,
diinternalisasi, dan diterapkan demi terwujudnya pelaksanaan
prinsip-prinsip demokrasi. Selain itu, perlu pula ditanamkan
kesadaran bela negara, penghargaan terhadap hak azasi manusia,
kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, tanggung jawab sosial,
ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, serta sikap dan perilaku anti
korupsi, kolusi, dan nepotisme.
Mata Pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan
warganegara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk
menjadi warganegara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang
diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945.
B.
Rumusan Masalah
1. Bagaimana standar kompetensi mata pelajaran pkn ?
2. Bagaimana kompetensi dasar mata pelajaran pkn ?
C.
Tujuan
1. Untuk mengetahui standar kompetensi mata pelajaran
pkn.
2. Untuk mengetahui kompetensi dasar mata pelajaran pkn.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Tujuan Mata Pelajaran PKn
Mata pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan berpikir secara
kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan, berpartisipasi
secara aktif dan bertanggung jawab, bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara, serta anti korupsi.
Berkembang secara positif dan
demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat
Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya. Berinteraksi
dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak
langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
B.
Ruang Lingkup Mata Pelajaran PKn
Ruang lingkup mata pelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1. Persatuan dan Kesatuan bangsa, meliputi: hidup rukun
dalam perbedaan, cinta lingkungan, kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, sumpah
pemuda, keutuhan NKRI, partisipasi dalam pembelaan negara, sikap
positif terhadap NKRI, keterbukaan dan jaminan keadilan.
2. Norma, hukum dan peraturan, meliputi: tertib
dalam kehidupan keluarga, tata tertib di sekolah, norma yang berlaku di
masyarakat, peraturan-peraturan daerah, norma-norma dalam kehidupan berbangsa
dan bernegara, sistem hukum dan peradilan nasional, hukum dan peradilan internasional.
3. Hak asasi manusia meliputi: hak dan kewajiban
anak, hak dan kewajiban anggota masyarakat, instrumen nasional dan
internasional HAM, Pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM.
4. Kebutuhan warga negara meliputi: hidup gotong royong, harga diri sebagai warga
masyarakat, kebebasan berorganisasi, kemerdekaan mengeluarkan pendapat, menghargai keputusan bersama, prestasi diri , persamaan kedudukan warga negara.
5. Konstitusi Negara meliputi : proklamasi kemerdekaan dan konstitusi
yang pertama, konstitusi-konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia,
Hubungan dasar negara dengan konstitusi.
6. Kekuasan dan Politik, meliputi : pemerintahan desa dan kecamatan, pemerintahan daerah dan
otonomi, pemerintah pusat, demokrasi dan sistem politik, budaya politik, budaya demokrasi menuju masyarakat
madani, sistem pemerintahan, pers dalam masyarakat demokrasi.
7. Pancasila meliputi : kedudukan pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara, proses perumusan pancasila sebagai dasar negara, pengamalan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan
sehari-hari, pancasila sebagai ideologi terbuka.
8. Globalisasi meliputi : globalisasi di lingkungannya, politik luar negeri Indonesia di era globalisasi, dampak globalisasi, hubungan internasional dan organisasi
internasional, dan mengevaluasi globalisasi.
C.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran
PKn
Kelas I semester I
Stándar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
|
1.1 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin,
agama, dan suku bangsa
1.2 Memberikan contoh hidup rukun melalui
kegiatan di rumah dan di sekolah
1.3 Menerapkan hidup rukun di rumah
dan di sekolah
|
2. j
Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah
|
2.1 Menjelaskan
pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah
2.2 Melaksanakan
tata tertib di rumah dan di sekolah
|
Kelas I semester II
Stándar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
3. Menerapkan
hak anak di rumah dan di sekolah
|
3.1 Menjelaskan hak anak untuk bermain,
belajar dengan gembira dan didengar pendapatnya
3.2 Melaksanakan hak anak di rumah dan di
sekolah
|
4. Menerapkan
kewajiban anak di rumah dan di sekolah
|
Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah
Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat
|
Kelas II semester I
Stándar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Membiasakan hidup bergotong royong
|
1.1 Mengenal
pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
1.2 Melaksanakan hidup rukun,
saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah
|
2. Menampilkan sikap cinta lingkungan
|
2.1 Mengenal
pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan
2.2 Melaksanakan
pemeliharaan lingkungan alam
|
Kelas II semester II
Stándar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
3. Menampilkan sikap demokratis
|
3.1 Mengenal kegiatan
bermusyawarah
3.2 Menghargai suara
terbanyak (mayoritas)
3.3 Menampilkan sikap mau
menerima kekalahan
|
4. Menampilkan nilai-nilai Pancasila
|
4.1 Mengenal
nilai kejujuran, kedisiplinan, dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari
4.2 Melaksanakan
perilaku jujur, disiplin, dan senang bekerja dalam kegiatan sehari-hari
|
Kelas III semseter I
Stándar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
|
1.1 Mengenal
makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
1.2 Mengamalkan
nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
|
2. Melaksanakan norma yang berlaku di masyarakat
|
2.1 Mengenal
aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar
2.2 Menyebutkan contoh
aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar
2.3 Melaksanakan aturan-aturan yang
berlaku di lingkungan masyarakat sekitar
|
Kelas III semester II
Stándar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
3. Memiliki harga diri sebagai
individu
|
3.1 Mengenal pentingnya memiliki harga diri
3.2 Memberi contoh bentuk harga diri, seperti
menghargai diri sendiri, mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri dan
lain lain
3.3 Menampilkan perilaku yang mencerminkan harga
diri
|
4. Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
|
4.1 Mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti
kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan
4.2. Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia
|
Kelas IV semester I
Stándar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami sistem
pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan
|
1.1 Mengenal lembaga-lembaga dalam
susunan pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan
1.2 Menggambarkan struktur organisasi
desa dan pemerintah kecamatan
|
2. Memahami sistem pemerintahan kabupaten, kota, dan
provinsi
|
2.1 Mengenal lembaga-lembaga dalam
susunan pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi
2.2 Menggambarkan struktur organisasi kabupaten,
kota, dan provinsi
|
Kelas IV semester II
Stándar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
3. Mengenal sistem pemerintahan tingkat
pusat
|
3.1 Mengenal lembaga-lembaga negara dalam
susunan pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR, DPR, Presiden,
MA, MK dan BPK dll.
3.2 Menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat,
seperti Presiden, Wakil Presiden dan para Menteri
|
4. Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di
lingkungannya
|
4.1 Memberikan contoh sederhana pengaruh
globalisasi di lingkungannya
4.2 Mengidentifikasi jenis budaya
Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional
4.3 Menentukan sikap terhadap pengaruh
globalisasi yang terjadi di lingkungannya
|
Kelas V semester I
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan
Republik Indonesia (NKRI)
|
1.1 Mendeskripsikan
Negara Kesatuan Republik Indonesia
1.2 Menjelaskan
pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
1.3 Menunjukkan
contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
Memahami peraturan perundang-undangan tingkat pusat
dan daerah
|
2.1 Menjelaskan
pengertian dan pentingnya peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan
daerah
2.2 Memberikan
contoh peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah,
seperti pajak, anti korupsi, lalu lintas, larangan merokok
|
Kelas V semester II
Stándar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Memahami kebebasan berorganisasi
|
3.1 Mendeskripsikan pengertian organisasi
3.2 Menyebutkan contoh organisasi di lingkungan
sekolah dan masyarakat
3.3 Menampilkan peran serta dalam memilih organisasi
di sekolah
|
Menghargai keputusan
bersama
|
4.1 Mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama
4.2 Mematuhi keputusan bersama
|
Kelas VI semester I
Stándar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan
Pancasila sebagai Dasar Negara
|
Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses
perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
1.2 Menceritakan secara singkat nilai kebersamaan
dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
1.3 Meneladani nilai-nilai juang para tokoh yang
berperan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam
kehidupan sehari-hari
|
Memahami sistem pemerintahan Republik
Indonesia
|
Menjelaskan proses Pemilu dan Pilkada
2.2 Mendeskripsikan
lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen
2.3 Mendeskripsikan tugas dan
fungsi pemerintahan pusat dan daerah
|
Kelas VI semester II
Stándar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Memahami peran Indonesia dalam lingkungan
negara-negara di Asia Tenggara
|
3.1 Menjelaskan pengertian kerjasama negara-negara
Asia Tenggara
3.2 Memberikan contoh peran Indonesia dalam
lingkungan negara-negara di Asia Tenggara
|
Memahami peranan politik luar negeri Indonesia dalam
era globalisasi
|
4.1 Menjelaskan politik luar negeri
Indonesia yang bebas dan aktif
4.2 Memberikan contoh peranan politik
luar negeri Indonesia dalam percaturan internasional
|
D.
Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah
dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan
indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar
Penilaian.
BAB III
A. KESIMPULAN
Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan
mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warganegara yang memahami dan
mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warganegara Indonesia
yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD
1945.
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah
dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan
indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar
Penilaian.
B. SARAN
Penulis
menyadari makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Hal ini tidak terbatas dari
keterbatasan pengetahuan penulis. Untuk itu penulis mengharapkan saran dan
kritik yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini dan semoga makalah
ini bermanfaat untuk kita semua.
DAFTAR
PUSTAKA
Samudera,
Gio. (2010). [Online]. SKKD PKN SD. Tersedia dalam : http://giosamudera.blogspot.co.id/2010/11/skkd-pkn-sd.html
[diakses 07 Maret 2018]
Post A Comment:
0 comments: